Home > Artikel > Manfaat & Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut Bagikan :


Manfaat & Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut
Catherine Rijono    Jumat , 23 Agustus 2019

Manfaat & Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut

Catherine Rijono,

Serum rambut adalah sebuah istilah baru dari perawatan rambut bagi orang-orang. Namun, hal itu merupakan istilah lama dan umum dalam dunia kecantikan. Serum untuk rambut biasanya berbentuk cairan dan terbuat dari konten berbasis silikon, asam amino, dan ceramide. Kandungan silikon ini akan bertindak seperti layaknya masker atau plastik wrap pada kulit kepala.


Manfaat Menggunakan Serum Rambut

Serum rambut adalah salah satu solusi ampuh untuk mengatasi rambut kasar, kusut, dan kering. Dengan menggunakan serum rambut, rambut menjadi selembut sutra, halus, dan mudah diatur. Silikon yang biasanya sebagai bahan baku serum rambut juga akan melapisi rambut dan membuatnya tampak lebih bersinar. Rambut akan dilindungi dari panas sinar matahari, polusi, dan kelembaban. Dengan menerapkan serum rambut, akan memberikan rambutmu tampilan yang sehat. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan serum rambut:

Mencegah Kerusakan
Serum rambut akan melindungi rambut dari faktor pemicu kerusakan seperti polusi, debu, alat penata rambut, dan kelembaban. Serum akan bertindak seperti perisai rambut dan mencegah rambut dari kekeringan.

Membuat Rambut Mudah Diatur (Conditioning)
Serum juga bisa bertindak sebagai kondisioner yang baik bagi rambut. Minyak akan membuat rambut lengket dan melekat ke kulit kepala, sehingga akan lebih baik jika menggunakan serum untuk mengontrol rambut yang kasar dan kusut.

Mengilaukan Rambut
Selain itu, serum juga akan mengilaukan rambut. Serum akan memberikan kehidupan pada rambut yang rusak dan kusam dengan menghilangkan kekusutan, sehingga bisa memberikan rambutmu kemilau yang sehat.

Perlindungan dari Sinar UV
Beberapa jenis serum rambut juga memiliki formula perlindungan sinar UV. Rambut yang terus menerus terpapar sinar matahari akan menjadi rusak sehingga dengan memakai serum bisa melindungi rambutmu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Melindungi dari Paparan Alat Penata Rambut
Terus menerus menggunakan alat penata dan pengeriting rambut elektrik juga bisa merusak rambut. Serum rambut sebaiknya digunakan saat rambutmu ditata guna menghindari efek samping yang berbahaya bagi rambut. Kamu cukup menggunakan serum rambut sebelum menggunakan alat penata rambut, sehingga mencegah rambut agar tidak terlalu kepanasan. Setelah menerapkan serum, kamu juga bisa memilih apakah dibiarkan kering secara normal dengan diangin-anginkan atau kamu bisa menggunakan hair dryer agar lebih cepat kering.

Cara Menggunakan Serum Rambut

Ada teknik tersendiri yang digunakan untuk menerapkan serum rambut. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Cuci dulu rambutmu dengan shampoo yang lembut.
2. Ambil sedikit serum rambut ke telapak tanganmu dan usapkan ke seluruh rambut.
3. Ingatlah untuk tidak menggosok serum rambut langsung pada kulit kepalamu.
4. Biarkan serumnya kering selama beberapa saat lalu sisir rambutmu.

Hal yang harus diingat saat menggunakan serum rambut:
1. Jangan gunakan ujung jari untuk menerapkan serum dan meratakannya ke seluruh rambut. Sebaiknya gunakan sisir berbentuk dayung yang didedikasikan khusus untuk meratakan serum rambut ke seluruh kulit kepala.
2. Jangan terapkan serum langsung ke kulit kepala, karena itu berarti akan sulit untuk menata rambutmu karena rambut akan berubah menjadi terlalu berminyak.
3. Selalu terapkan serum pada rambut yang masih dalam keadaan basah.




Produk Terkait






Artikel Terkait